Cari Artikel

MRI (Magnetic Resonance Imaging)

Kita sudah sering dengar istilah MRI, tapi apa sih sebenarnya MRI itu? Yuk cari tahu lebih banyak tentang MRI.

Apakah MRI itu?
Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan salah satu alat kedokteran mutakhir yang digunakan untuk pemeriksaan diagnostik radiologi. MRI dapat menghasilkan gambar
potongan penampang tubuh/organ manusia serta menunjukkan perbedaan antar organ yang sangat jelas dengan resolusi yang tinggi serta lebih sensitif untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh.

Apa saja yang dapat diperiksa menggunakan MRI?
Organ-organ tubuh seperti otak, tulang belakang dengan susunan sarafnya serta persendian seperti pada keadaan cedera lutut maupun cedera sendi bahu dapat lebih detil tergambarkan dengan menggunakan pemeriksaan MRI. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan dengan MRI yaitu evaluasi anatomi dan kelainan dalam rongga dada, payudara, organ-organ dalam perut, pembuluh darah dan jantung.

Apa keunggulan MRI?
MRI tidak menggunakan radiasi sinar X ataupun bahan radioaktif, melainkan menggunakan medan magnet kuat yang mengelilingi tubuh. Dengan menggunakan teknik ini, MRI tidak menimbulkan sakit atau kerusakan jaringan akibat efek radiasi atau lainnya. Bahkan dengan kemajuan teknologi MRI saat ini, kebutuhan untuk penggunaan media kontras dapat dikurangi untuk sebagian besar pemeriksaan MRI.

Apa yang harus disiapkan untuk pemeriksaan MRI?
  • Pasien diminta untuk melepaskan semua benda logam, seperti telepon genggam, perhiasan, jam tangan, dompet, kartu kredit, kaca mata, gigi palsu, alat bantu dengar, penjepit rambut
  • Pasien wanita dianjurkan tidak memakai maskara ataupun hairspray karena dapat mempengaruhi hasil foto
  • Pemeriksaan yang memerlukan zat kontras sebaiknya pasien tidak makan terlalu kenyang 6 jam sebelumnya 

Sumber: Media Kawasan

Tidak ada komentar: