Cari Artikel

Siasati Dapur Kecil Agar Terlihat Luas

Dapur merupakan ruang kerja khusus bagi kaum perempuan dalam menghasilkan karya olahan tangannya untuk keluarga tercinta. Pekerjaan di dapur akan semakin terasa nyaman jika kondisinya bersih, teratur, dan rapi.

Jika kegiatan masak-memasak Anda sudah terasa kurang nyaman, hal tersebut menandakan
sudah waktunya Anda melakukan renovasi dan sedikit perubahan pada dapur Anda. Jangan khawatir jika ukuran dapur Anda tidak terlalu besar. Anda masih bisa menerapkan beberapa hal baru saat melakukan renovasi tanpa harus menambah luas bangunan dapur rumah Anda. 

Ketika hendak melakukan renovasi dapur kecil Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak rahasianya berikut ini, seperti dikutip dari laman Housetohome, Jumat (6/1/2012).

1. Pemilihan furnitur atau kitchen-set.

Jika dapur Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, Anda harus sangat berhati-hati saat membeli furnitur dapur atau kitchen set yang akan ditempatkan di dalamnya. Pilihlah furnitur dan perlengkapan dekorasi lainnya yang elegan, tidak memakan banyak tempat, serta praktis dalam hal fungsi.

Untuk dapur kecil, maka yang terbaik adalah menempatkan lemari di kedua sisi dengan menyisakan ruangan pada bagian tengah dapur.

2. Ruang penyimpanan yang memadai.

Salah satu ide terbaik untuk melakukan renovasi sebuah dapur dengan ukuran kecil adalah menggunakan kabinet atau lemari dapur yang membentang hingga langit-langit dapur. Benda-benda yang jarang digunakan sebaiknya ditempatkan di rak paling atas
lemari.

Untuk keanggunan tampilan dapur Anda, gunakan kabinet dengan warna terang yang memiliki pintu kaca. Untuk menyimpan peralatan dapur, gunakan beberapa tempat penyimpanan atau box yang memiliki daya tampung yang luas dan dapat mengakomodasi peralatan dalam jumlah banyak.

3. Peralatan dapur yang cocok dan fungsional.

Bahkan saat berburu untuk peralatan, pilihlah yang tersusun secara rapat dan rapi untuk membantu menyiasati ruangan kecil. Namun, dalam kasus memilih bak cuci piring berlaku hal sebaliknya. Ketika Anda berencana membeli wastafel untuk dapur
Anda, selalu pilihlah wastafel berukuran besar.

Sebuah wastafel dapur dengan ukuran besar dianggap lebih praktis. Anda dapat dengan mudah menyimpan semua panci dan wajan ukuran besar di dalamnya dan membersihkannnya dengan baik.

4. Siasati posisi meja makan

Anda perlu menambah sedikit kretivitas dan pemikiran cerdas jika Anda menginginkan sebuah meja makan di dapur yang kecil.

Sebagai alternatif adalah dengan menempatkan sebuah meja kecil dengan dua kursi di depan jendela agar ada pemandangan keluar dan tempatkan di sudut dapur Anda.

5. Pencahayaan yang baik


Untuk membuat dapur Anda terlihat lebih luas, letakkan lampu dibawah lemari ataupun di bawah meja. Cara lain untuk memberikan dapur Anda terlihat lebih besar adalah untuk memilih ubin lantai diagonal.

Ide-ide ini tidak hanya akan membuat dapur Anda lebih efisien, tetapi juga terlihat menarik. Sehingga Anda dan seluruh anggota keluarga merasa nyaman beraktifitas di dapur mungil rumah Anda. 





Tidak ada komentar: